Senin, 07 November 2011

Sampah Plastik

Setiap hari dalam beraktifitas kita tak bisa melepaskan diri dari yang namanya plastik. Banyaknya orang yang menggunakan plastik dan membuangnya di sembarang tempat akan menyebabkan porosi tanah hal ini karena sampah plastik sulit sekali terurai. Berikut ini daftar sampah dan waktu yang diperlukan untuk terurai.
Kulit pisang
Tas Kertas
Karton
Lap Kapas
Kaos Kaki Woll
Rokok
Sepatu bot kulit
Kaleng Baja
Karet Tunggal
Aluminium

Popok sekali pakai
Kantong Plastik
Tabung Plastik
Styrofoam
Kaca
: 3-4 minggu
: 1 bulan
: 2 bulan
: 5 bulan
: 1 tahun
: 2 sampai 5 tahun
: 40 sampai 50 tahun
: 50 tahun
: 50 sampai 80 tahun
: 200-500 tahun ( Tetapi jika daur ulang, dapat digunakan kembali dalam waktu 6 minggu )
: 550 tahun
: 2-10 tahun
: 1 juta tahun
: 1 +juta tahun
: 1-2 juta tahun
 (Ref: www.tgeg.asia)
Dari daftar diatas kita dapat melihat bahwa untuk menguraikan 1 buah kantong plastik dibutuhkan waktu 550 tahun, waktu yang sangat lama. Kita harus segera bertindak dalam masalah sampah plastik ini. Kita tidak boleh membuang sampah plastik sembarangan terutama di laut dan menguburnya di tanah, karena itu takkan terurai. 
Sampah plastik yang kita buang ke laut kini telah menjadi Great Pacific Garbage Patch atau Bentangan Raksasa Sampah Pasifik yang sebagian besar terdiri atas sampah plastik yang terletak di antara California dan Hawaii. Sampah itu diperkirakan mencapai dua kali luas negara bagian Texas.
Oleh karena itu kita harus hati-hati dalam menggunakan sampah plastik, dan apabila telah menggunakan plastik sebaiknya kita memanfaatkannya lagi dengan mendaur ulangnya. 

"CINTAILAH BUMI KITA DEMI GENERASI YANG AKAN DATANG! JANGAN HANYA MENYISAKAN BEBAN UNTUK MEREKA!" 
◄ Newer Post Older Post ►