Kamis, 05 Januari 2012

Ayo belajar konsep php

Sudah lama sekali saya tidak menyapa pengunjung setia blog ini dengan menulis artikel-artikel seputar pemrograman. Hal ini dikarenakan berbagai urusan baik di kantor maupun rumah yang belum bisa ditinggalkan, karena merupakan amanah yang harus diselesaikan.
Dalam artikel saya yang pertama ini semenjak absen cukup lama dari menulis blog, saya akan mencoba membuat artikel berseri tentang bagaimana belajar memahami konsep pemrograman. Mengapa hal ini perlu dibahas??? Ya, karena banyak orang mengerti bahasa pemrograman tapi tidak menguasai konsep pemrograman. Wah, maksudnya apa ya? Mereka hanya tahu sintaks-sintaks dalam suatu bahasa pemrograman, namun tidak tahu cara menggunakannya dalam membuat program untuk menyelesaikan suatu masalah. Sebagai contoh, ada orang yang mengetahui persis cara menuliskan perintah IF … THEN … sampai hapal di luar kepala, namun dia tidak tahu kapan harus menggunakannya dalam program yang dia buat, demikian juga tatkala seseorang tahu sintaks WHILE … (looping) tapi dia tidak tahu kapan menggunakannya dalam program. Nah… analogi dari hal ini semua sama seperti kalau ada seseorang yang tahu beberapa kata (vocabulary) dalam bahasa Inggris, namun dia tidak tahu bagaimana merangkainya menjadi sebuah kalimat untuk bisa saling berkomunikasi dengan orang lain. Repot sekali kan???
Untuk menjelaskan bagaimana konsep pemrograman komputer tersebut, saya akan menggunakan sebuah software yang luar biasa bernama RoboMind. Software ini digunakan untuk mensimulasikan konsep pemrograman dalam bentuk kendali robot. Dengan menggunakan sebuah kode program yang cukup sederhana, Anda diminta mengendalikan si robot untuk melakukan suatu tugas tertentu.
Artikel berseri untuk menjelaskan konsep pemrograman menggunakan RoboMind ini nanti dibagi ke dalam beberapa bagian yaitu:
  1. Bagian 1 (Pendahuluan)
    Pada bagian ini akan dipaparkan beberapa perintah dasar untuk mengatur aktivitas si robot
  2. Bagian 2 (Struktur Kontrol – Sequence)
    Pada bagian ini akan dipaparkan bagaimana merangkai beberapa perintah yang sudah dijelaskan di bagian 1 menjadi kesatuan program yang tersusun secara sekuensial untuk menyuruh robot menyelesaikan tugas khusus.
  3. Bagian 3 (Struktur Kontrol – Kondisional)
    Pada bagian ini dijelaskan bagaimana mengatur aktivitas robot menggunakan struktur kontrol kondisional atau bersyarat.
  4. Bagian 4 (Struktur Kontrol – Looping)
    Pada bagian ini dijelaskan bagaimana mengatur aktivitas robot menggunakan struktur kontrol looping atau perulangan (proses yang diulang-ulang).
  5. Bagian 5 (Procedure)
    Pada bagian ini dijelaskan bagaimana mengatur aktivitas robot dengan memanfaatkan prosedur atau subprogram yang kita buat sendiri.
Mengapa hanya ada 5 bagian pembahasannya? Iya, karena dengan bekal 5 hal tersebut Anda sudah dianggap menguasai konsep pemrograman karena pada garis besarnya dalam membuat sebuah program harus memahami kelima hal tersebut. Jika bagian-bagian di atas diperhatikan, maka pembahasan ini lebih cenderung berfokus pada struktur kontrol. Mengapa demikian? Ya… karena struktur kontrol ini komponen paling penting dalam konsep pemrograman karena berfungsi untuk mengatur kesatuan instruksi yang harus disusun secara algoritmik. Tanpa memahami konsep ini, mustahil sebuah program bisa dibuat dengan benar.
Untuk mendapatkan software RoboMind, silakan mendownload dari link di bawah ini
Setelah Anda melakukan instalasi RoboMind, pastikan di komputer Anda sudah diinstall Java Runtime Environment. Jika belum ada, silakan mendownload di bawah ini
Berikut ini tampilan dari RoboMind setelah diinstall.
Robomind Environment
Setelah Anda menuliskan kode program pada tempat yang disediakan, Anda dapat mengeksekusi program tersebut dengan menekan F5 pada keyboard atau mengklik menu RUN – EXECUTE. Untuk sekedar mencoba-coba mengeksekusi program dan melihat hasilnya, Anda bisa membuka contoh kode program yang sudah jadi dengan mengklik ikon di bawah ini
Robomind Environment
kemudian pilih OPEN, dan selanjutnya tentukan pilihannya pada sebuah contoh file programnya. Setelah dibuka contoh kode programnya, selanjutnya lakukan eksekusi programnya. Terkadang sebuah kode program membutuhkan file map tertentu. File map ibaratnya adalah peta medan di mana robot berada. Untuk membuka file map, caranya klik ikon seperti di atas, lalu pilih OPEN MAP.
Silakan mencoba-coba dahulu contoh programnya, nah… untuk pembahasan selanjutnya kita mulai dari perkenalan beberapa perintah instruksi dasar bagi robot untuk melakukan action tertentu, seperti hadap kanan, hadap kiri, maju beberapa kotak, mundur beberapa kotak dsb.
◄ Newer Post Older Post ►