Rabu, 11 Januari 2012

Install gammu & kalkun Sebagai SMS gateway

Fitur-fitur standar SMS Gateway, yaitu komunikasi SMS interaktif dua arah, SMS info on demand, SMS service settings, SMS Automatic Registration, polling SMS, pengiriman SMS Broadcast, pengiriman SMS ke Call Group, pengiriman SMS terjadwal, personalisasi SMS, antarmuka aplikasi berbasis web, buku alamat dan call group, manajemen pengguna, sistem security access, serta sistem parameter. Fitur-fitur advance SMS Gateway, yaitu antarmuka dinamis untuk integrasi ke database perusahaan, SMS Remote Control, E-mail to SMS, SMS to E-mail, ekspansi modem GSM, dan koneksi langsung ke SMSC via SMS Gateway.
Pada sharing kali ini saya ingin share membuat sms gateway yang sangat sederhana sekali, yaitu membangun sms gateway berbasis website, untuk mesinnya kami menggunakan gammu, karena gammu sudah ada SMSD nya, apa itu SMSD?? SMSD itu adalah sms daemon yaitu sebuah daemon untuk menggabungkan Gammu dengan database Mysql, maka dari itu kita bisa menggunakan database Mysql, dan untuk tampilan appliksinya saya menggunakan sebuah source code open source berbasis PHP, namanya adalah kalkun, dan untuk handphonenya sendiri saya menggunakan Nokia 6681, selain handphone kita juga bisa menggunakan modem GSM, dan yang terakhir tentunya adalah satu buah laptop dengan sistim operasi Linux Ubuntu.
OK untuk cara-caranya adalah :
1. Kita install Gammu lalu mensettingnya, buka terminalnya lalu ketik sudo apt-get install gammu gammu-smsd (itu untuk instalasi gammu di laptop kita).
2. Lalu kita setting gammunya, pada kasus kali ini coba pertama kita check dulu HP atau modemnya terdeteck di port berapa, caranya adalah ketik ls /dev/tty* lalu kita cabut modem/HPnya kira2 yg hilang di tty berapa? biasanya HP/modem terdeteck di ttyUSB0/ttyUSB1/ttyACM0/ttyACM1. maka kita setting gammu seperti berikut ini:
Nah dari gambar diatas berati modem atau HP kita terdetect sebagai ttyUSB0, ttyUSB1, ttyUSB3, ttyUSB4, gunakanlah salah satunya, misalnya saya gunakan untuk settingannya nanti menggunakan ttyUSB0
3. Bikin file ".gammurc" di /home/user/ jadinya seperti ini /home/user/.gammurc tanpa tanda kurung dan pake titik, maksudnya titik itu berati filenya itu terhidden, dan kita buka file tersebut, ketik aja $ gedit .gammurc dan isi file kosong tersebut dengan dibawah ini:
[gammu]
gammuloc =
connection = at115200
port = /dev/ttyACM0
Lalu di save.
4. Dan selajutnya kita setting file gammu-smsd nya di /etc/ ketik aja sudo gedit /etc/gammu-smsdrc dan rubah konfigurasinya sesuai dengan modem dan konfigurasi Mysql kita. Ubah file disana dengan seperti berikut:
[gammu]
port = /dev/ttyACM0
connection = at115200
[smsd]
service = mysql
debuglevel = 0
commtimeout = 30
sendtimeout = 30
inboxpath = /var/spool/gammu/inbox/
outboxpath = /var/spool/gammu/outbox/
sentsmspath = /var/spool/gammu/sent/
errorsmspath = /var/spool/gammu/error/
user = root
password = password
pc = 127.0.0.1
database = kalkun
Lalu di save, dan semua konfigurasi diatas mesti sesuai dengan konfigurasi kalian. seperti user = root itu berarti user mysql saya root, lalu passwordnya = password itu berarti password mysql saya adalah password.
Setelah setting gammu selesai saatnya kita test HP/modem kita apakah sudah benar, cara mengeceknya ketik diterminal "gammu identify" tanpa tanda kurung. Setelah terbaca oleh gammunya coba maka tinggal kita jalankan service gammu-smsdnya dengan mengetikkan perintah "sudo /etc/init.d/gammu-smsd start" tanpa tanda kurung. seperti gambar berikut:
Sekarang kita test mengirim SMS lewat terminal dengan mengetikkan perintah seperti dibawah ini:
echo "sms test" | gammu --sendsms TEXT 02195283066
Yang 02195283066 jika berhasil berarti setting gammu sudah selesai, saatnya kita setting tampilan GUInya menggunakan web-base dengan applikasi Kalkun, yang bisa di download di sini : http://sourceforge.net/projects/kalkun/.
5. Setelah selesai download langsung saja taruh file kalkunnya di webserver anda, pada contoh kali ini saya menggunakan webserver Apache, maka saya taruh kalkunnya di /var/www , seperti gambar berikut ini:

Setelah itu kita setting file config database kalkunnya di /var/www/kalkun/system/application/config/database.php, dan kita cocokkan dengan database kita, edit file yg ininya saja:
$db['default']['hostname'] = "localhost";
$db['default']['username'] = "root";
$db['default']['password'] = "toor";
$db['default']['database'] = "kalkun";
$db['default']['dbdriver'] = "mysql";
Setelah itu kita create database kalkunnya di mysql kita, langkahnya adalah buka terminal, lalu ketikkan seperti berikut:
mysql -u root -p; (lalu masukkan password mysqlnya)
mysql> CREATE DATABASE kalkun;
mysql> quit
Seperti gambar berikut ini:

Atau kalo gak mau make konsole/terminal bisa pake Phpmyadmin aja biar gampang. Bikin database bernama "kalkun".
Setelah selesai tinggal buka webbrowser anda untuk melakukan instalasi kalkun, pada contoh kali ini saya menggunakan chromium webbrowser, seperti gambar dibawah ini:
Dan ketikkan diaddressbarnya http://localhost/kalkun dan saatnya instalasi mudah kok, tinggal next-next aja, seperti gambar dibawah ini:
OK setelah instalasi kita bisa edit-edit tampilan webnya sesuai dengan keinginan kita, karena kalkun lisensinya adalah Opensource(Bebas dipergunakan), pada kasus ini saya mengedit tampilannya menggukan IDE Netbeans, maka jadinya yang tadinya sangat bagus kalkunnya menjadi lumayan baguslah kalo menurut saya, seperti gambr berikut ini:
Nah yang tadinya kalkun itu warnya birumuda setelah kita ubah dengan warna kesukaan kita menjadi coklat,,hhehehhe,,tapi intinya sih gak papa gak di edit juga, tetep bagus kok walaupun gak diedit kalkunnya.
Untuk mengenai kalkun itu sangat bagus buat webbase perusahaan atau organisasi-organisasi lainnya, karena tidak semua orang bisa menggunakan sms gateway ini, jadi setiap orang harus login terlebih dahulu, untuk administratornya nanti bisa memberikan acount untuk login buat para user.
Tampilan mengirim smsnya seperti gambar dibawah ini:
Enaknya kalkun dia bisa mengirim sms sesuai dengan waktu yang kita tentukan, dan di kalkun itu ada phonebooknya, jadi kalau kita sudah menulis phonebook di account kita maka gak perlu repot-repot masukin nomor manual tinggal kita ketik namanya aja layaknya seperti handphone-handphone.
Tampilan Inbox pada kalkun seperti gambar dibawah ini:
OK sekarang kita sudah selesai membuat SMS gateway sederhana, semoga sharing kali ini dapat bermanfaat buat kalian,,
Waassalamm dan terima kasih..
◄ Newer Post Older Post ►