Rabu, 11 Januari 2012

Pemasangan Kabel UTP

Pagi-pagi begini saya sudah harus update tutorial pada blog kesayangan saya ini. Dalam tutorial ini akan saja jelaskan cara Pemasangan Kabel UTP. Kabel UTP itu adalah kabel khusus buat transmisi data. Kalau kamu sering berkecimpung di dunia jaringan pasti sudah kenal dengan yang namanya UTP ini. Tapi kalau anda yang belum kenal sama sekali dengan jaringan pasti binggung apa itu UTP. Oke mari kita bahas tentang masalah Pemasangan Kabel UTP ini.
Gambar kabel UTP...
UTP itu sendiri kepanjangan dari Unshielded Twisted Pair. Disebut unshielded karena kurang tahan terhadap interferensi elektromagnetik. Dan disebut twisted pair karena di dalamnya terdapat pasangan kabel yang disusun spiral alias saling berlilitan. Ada 5 kategori kabel UTP. Dari kategori 1 sampai kategori 5. Untuk jaringan komputer yang terkenal adalah kategori 3 dan kategori 5. Kategori 3 bisa untuk transmisi data sampai 10 mbps sedangkan kategori 5 sampai 100 mbps. Disini saya sarankan untuk membeli kabel UTP dengan merek Belden karena memiliki kualitas yang bagus dari kabel UTP lainnya. Jangan lupa beli konektornya. Konektornya bentuknya seperti colokan telepon hanya saja lebih besar.













Gambar RJ 45..

Anda bisa lihat gambar RJ 45 seperti gambar di atas. Jadi kalau anda mau beli RJ 45 jangan sampai salah dengan membeli RJ yang lain karena kabel UTP ini cocoknya dengan RJ 45. Setelah kabel UTP sudah tersedia dan RJ 45 sudah tersedia juga langkah selanjutnya adalah menyediakan Tang Crimp. Jika anda belum punya lakukan pembelian Tang Crimp juga agar anda jago dalam bidang pemasangan kabel. Gambar Tang Crimp seperti gambar di bawah ini.










Gambar Tang Crimp....
Oke setelah semua peralatan seperti gambar di atas langkah selanjutnya kita akan melakukan pemasangan kabel UTP. Kabel yang akan kita buat di sini ada 2 kategori. 
Kategori :
1. Kabel STRAIGHT
2. Kabel CROSS

A. Kabel STRAIGHT
Kabel STRAIGHT biasanya digunakan untuk menghubungkan antara PC komputer dengan SWITCH. 
Disini saya akan menjelaskan cara memasang kabel STRAIGHT menggunakan ilustrasi gambar. Gambarnya seperti di bawah ini...











Coba anda lihat cara pemasangan kabel seperti gambar di atas. Urutannya adalah seperti ini
Keterangan :
1. Orange Muda
2. Orange
3. Hijau Muda
4. Biru
5. Biru Muda
6.  Hijau
7. Coklat Muda
8. Coklat
dan di pasangkan dengan 
1. Orange Muda
2. Orange
3. Hijau Muda
4. Biru
5. Biru Muda
6.  Hijau
7. Coklat Muda
8. Coklat
Jadi intinya harus korespondensi satu-satu.
Oke untuk masalah STRAIGHT sampai di sini sekarang kita akan melangkah ke kabel CROSS

B. Kabel CROSS
Kabel CROSS biasanya digunakan untuk menghubungkan antara PC komputer dengan PC komputer-HUB dengan HUB-SWITCH dengan SWITCH
Disini juga saya akan menjelaskan menggunakan gambar . Gambar seperti di bawah ini...


















Cara pemasangan kabel CROSS yang biasanya digunakan untuk menghubungkan PC komputer dengan PC komputer ini adalah seperti gambar di atas tapi lihat yang sebelah kanan. 
Cara pemasangan :
1. Orange Muda
2. Orange
3. Hijau Muda
4. Biru
5. Biru Muda
6.  Hijau
7. Coklat Muda
8. Coklat

dan dipasangkan dengan :
3. Hijau Muda
6. Hijau
1. Orange Muda
4. Biru
5. Biru Muda
2. Orange
7. Coklat Muda
8. Coklat

Dari pembahasan masalah kabel STRAIGHT dan CROSS sebenarnya hanya kabel nomor 1-2-3 dan 6 saja yang digunakan. Jadi nomor selain itu bisa boleh tidak di pasang.

Oke sekian tutorial dari saya semoga berguna buat anda. Tinggalkan komentar untuk bertanya karena saya akan merespon komentar anda. Terima kasih
◄ Newer Post Older Post ►