Selasa, 28 Februari 2012

Efek Desktop 3D di Ubuntu

Mengaktifkan Fitur Desktop 3D dengan CCSM (CompizConfig Setting Manager)
Setelah menginstall Ubuntu Desktop, sekarang mari bersama-sama mengobrak-abrik berbagai fitur yang bisa memaksimalkan kinerja desktop yang digunakan. Salah satu fitur yang sangat unik dan menarik yang membedakan windows dengan GNU/Linux adalah CCSM atau Compiz Config Setting manager. Disini penulis akan menjelaskan sedikit kemampuan fitur ini dalam memberikan berbagai efek yang sangat menarik. Pada kali ini masih memakai Ubuntu Karmic Koala 9.10 (nyusul di release 2 versi 10.04)

Berikut Langkah yang harus dilakukan untuk menggunakan CCSM:
  • Langkah awal adalah penginstalan CCSM itu sendiri, karena fitur ini tidak terinstall secara default saat pertama menginstall Ubuntu, maka sebelumnya harus memastikan spesifikasi komputer atau laptop yang digunakan bahwa CCSM dapat bekerja secara maksimal, yaitu dengan cara membuka terminal dan masukkan perintah-perintah dibawah ini.
$ wget http://blogage.de/files/9124/download -O compiz-check
Tekan enter, setelah itu lanjutkan perintah dibawah ini.
$ sudo chmod +x compiz-check
Kemudian cek apakah komputer yang digunakan support terhadap CCSM dengan mengetik perintah sebagai berikut:
$ ./compiz-check
Jika hasilnya adalah OK semua, berarti komputer yang digunakan support terhadap CCSM, seperti terlihat pada gambar CZ.1
Gambar CZ.1

  • Tahap kedua adalah proses mendownload aplikasi CCSM, dengan cara mengetik perintah dibawah ini.
$ cd Document 
$ sudo dpkg -i python-compizconfig_0.7.4-0ubuntu1_i386.deb
$ sudo dpkg -i compizconfig-settings-manager_0.7.4-0ubuntu2_all.deb

  • Tahap selanjutnya, setelah CCSM di install adalah memeriksa aplikasi tersebut, lihat dimenu System → Preferences → CompizConfig Setting Manager, maka tampilannya akan seperti gambar CZ.2 dibawah ini.
Gambar CZ.2

CCSM terdiri atas 8 kategori pilihan yang bisa diutak-atik sesuai dengan keinginan sendiri, tetapi pada saat masuk pertama kali secara default akan di tampilkan semua kategori yang ada.

  • Tahap selanjutnya mari bersama-sama “menggeranyangi” CCSM ini biar semua orang pada iri, terutama pada pengguan jendela sebelah,hehehe.., perhatikan dibagian pinggir kiri panel, maka secara default cuma ada 2 workspaces. Sekarang klik kanan pada panel yang ada workspaces-nya; pilih Preference kemudian tambah columns menjadi 4, untuk rows tetap 1, seperti pada gambar dibawah (gambar CZ.3)
Gambar CZ.3

  • Tahap selanjutnya buka kembali aplikasi CCSM (udah tau kan cara bukanya,,,kalo blom tau cara tau sendiri ya,,,heheheh pelit mode on). PadaCategori Desktop klik dua kali Desktop Cube, secara otomatis anda akan masuk ke tab general. Centang Use this Plug in, biasanya ada warning Enable Desktop Cube anda tinggal klik saja. Klik Back dan di menu utama CCSM masih pada kategori desktop, anda double klik Rotate Cube, pada tab general ada bebeapa settingan, yang bisa anda setting sendiri sesuai kemauan anda ataupun default dari CCSM nya sendiri, pada tab Bindings merupakan settingan keyboard sertacube dan window, sekarang tinggal anda centang Use this plug in.
Nah sekarang coba tekan kombinasi tombol ctrl+alt+left/right. Bagaimana hasilnya? Nah itu belum cukup, sekarang akan dilihat apakah settingan desktop cube nya bekerja atau tidak. Coba tekan kombinasi tombol ctrl+alt+Klik kiri mouse (Tahan) dan mainkan mousenya serta rasakan sensasinya. Hehehehee.. gambarnya bisa anda lihat seperti di bawah ini (gambar CZ.4).
Gambar CZ.4

  • Pada tahap di atas ada 4 workspaces dengan bentuk kubus dengan gambar wallpaper yang sama dan gambar pada atas kubus dan bawah kubus masih kosong atau gambar default dari Ubuntu. Sekarang mari mencoba agar gambarnya bisa berbeda dan diganti sesuai dengan keinginan dan selera masing-masing.
Buka kembali aplikasi CCSM dan pilih kategori Utility - Wallpaper, seperti pada gambar CZ.5
Gambar CZ.5

Double klik dan anda akan masuk ke menu wallpaper seperti gambar dibawah ini (gambar CZ.6)
Gambar CZ.6

Setelah itu klik new lalu masukkan 4 buah gambar wallpaper yang diinginkan, gambar diatas adalah posisi setelah penulis memasukkan ke-empat gambar dan kemudian centang enable wallpaper. Untuk mengaktifkan ke 4 gambar wallpaper tersebut masuk ke gnome configurator editor dengan cara tekan kombinasi tombol alt+F2 lalu ketikkan gconf-editor, seperti pada gambar CZ.7 dibawah ini.
Gambar CZ.7

Tekan enter dan akan muncul tampilan Window Configuration Editor lalu klik apps - nautilus - preference dan anda cari pilihan Show Desktop dan hilangkan tanda centang, seperti gambar di bawah ini (gambar CZ.8).
Gambar CZ.8

Close windownya dan sekarang mari melihat hasilnya, anda tekan tombol Windows (yang ada gambar windowsnya)+E. Maka tampilannya akan terlihat seperti gambar CZ.9. Pada saat menggunakan fitur ini maka klik kanan pada desktop tidak akan berfungsi.
Gambar CZ.9

  • Apakah hanya itu aja efek yang bisa digunakan? Weiits.. tunggu dulu gan, sekarang mari mencoba masuk lagi ke CCSMDesktop - double klik Desktop Cube - tab appearance - klik Skydome dan ganti Skydome Image sesuai dengan keinginan anda (gambar CZ.10). Mungkin anda bertanya-tanya, ini buat apaan sie? Nah biar nggak pada penasaran, tinggal tekan kombinasi tombol ctrl+alt+klik kiri (ditahan) dan mainkan mousenya. Nah lo??? See.. What I mean???
Gambar CZ.10

  • Udah Puaskah?? Uupss.. tunggu dulu gan, gambar atas ama bawahnya masih blank tuh, Selanjutnya anda masuk ke CCSM lagi. Pada tab Cube Caps - appearence, nah disitu tinggal anda edit gambarnya dengan mengganti gambar pada top dan bottom, setelah itu centang enable cube reflection and deformation, seperti gambar CZ.11 di bawah ini.
Gambar CZ.11

Dan Hasilnya adalah seperti tampak gambar CZ.12 di bawah ini.
Gambar CZ.12

Pada kategori Effects - double klik Enable 3D Windows pada misc options coba masukkan nilai minimum size dan windows space seperti gambar CZ.13 dibawah ini, lalu centang Enable 3 D Windows.
Gambar CZ.13

Maka hasilnya akan terlihat seperti gambar CZ.14 di bawah ini.
Gambar CZ.14

  • Sekarang akan dicoba memaksimalkan kemampuan CCSM dengan tampilan animasi yang mungkin nantinya anda berteriak dan berkata WTF??? hehehee... Buka CCSM - Effects - Double Klik Animations, pada tab Open Animations coba klik Open Effect dan klik Edit lalu masukkan kriteria seperti di bawah ini (gambar CZ.15).
Gambar CZ.15

Setelah itu masuk ke tab Close Animations dan coba anda masukkan kriteria seperti dibawah ini.
Gambar CZ.16

Sama seperti diatas berikutnya anda masuk ke tab Minimize Animations dan masukkan kriteria seperti gambar CZ.17 di bawah ini.
Gambar CZ.17

Kemudian centang Enable Animations dan rasakan perubahannya.
◄ Newer Post Older Post ►