Selasa, 20 Maret 2012

Konfigurasi Linux Untuk multicast Jaringan:

Pertukaran jaringan data secara teratur adalah peer to peer transaksi unicast. Sebuah permintaan HTTP ke web server (TCP / IP), email SNMP (TCP / IP), DNS (UDP), FTP (TCP / IP), ... semua rekan rekan transaksi unicast. Jika seseorang ingin mengirimkan aliran video, audio atau data ke beberapa node dengan satu aliran transmisi, bukan rekan beberapa individu untuk koneksi peer, satu untuk setiap node, kita bisa menggunakan multicasting untuk mengurangi beban jaringan. Perhatikan bahwa multicast dan broadcast jaringan yang berbeda. Pesan multicast hanya "mendengar" oleh node pada jaringan yang "bergabung dengan grup multicast" yang adalah mereka yang tertarik pada informasi.
Kernel Linux adalah Level-2 Multicast-Compliant. Hal ini memenuhi semua persyaratan untuk mengirim, menerima dan bertindak sebagai router untuk datagram multicast. Untuk proses untuk menerima datagram multicast itu harus meminta kernel untuk bergabung dengan grup multicast dan mengikat pelabuhan menerima datagrams. Ketika sebuah proses tidak lagi tertarik pada grup multicast, permintaan dibuat untuk kernel untuk meninggalkan grup. Adalah kernel / host yang bergabung dengan kelompok multicast dan bukan proses. Konfigurasi kernel membutuhkan "CONFIG_IP_MULTICAST = y". Agar kernel Linux untuk mendukung routing multicast, mengatur berikut pada konfigurasi kernel:

    
CONFIG_IP_MULTICAST = y
    
CONFIG_IP_ROUTER = y
    
CONFIG_IP_MROUTE = y
    
CONFIG_NET_IPIP = y
Default Red Hat / Fedora kernel dikompilasi untuk mendukung multicast.
Lihat tutorial YoLinux pada optimasi dan membangun kembali kernal Linux.
Perhatikan bahwa pada sistem multihomed (lebih dari satu alamat IP / kartu jaringan), hanya satu perangkat dapat dikonfigurasi untuk menangani multicast.
Kelas D jaringan dengan kisaran alamat IP dari 224.0.0.0 sampai 239.255.255.255 (Lihat Jaringan Kelas di atas) biasanya telah disediakan untuk multicast.
Berguna perintah:

    
Perintah Penjelasan
    
cat / proc / net / IGMP multicast Daftar kelompok yang host berlangganan. Gunakan "Internet Group Management Protocol".
    
(Lihat / usr / src / linux / net / core / igmp.c)
    
cat / proc / interface Daftar net / dev_mcast multicast.
    
(Lihat / usr / src / linux / net / core / dev_mcast.c)
    
ping 224.0.0.1 Semua penghuni dikonfigurasi untuk multicast akan menjawab dengan alamat IP mereka
    
ping 224.0.0.2 Semua router dikonfigurasi untuk multicast akan merespon
    
ping 224.0.0.3 Semua router PIM dikonfigurasi untuk multicast akan merespon
    
ping 224.0.0.4 router DVMRP Semua dikonfigurasi untuk multicast akan merespon
    
ping 224.0.0.5 Semua router OSPF dikonfigurasi untuk multicast akan merespon
Transmisi multicast yang dicapai melalui rute yang tepat, konfigurasi router (jika berkomunikasi melalui subnets) dan programatically dengan penggunaan berikut panggilan fungsi perpustakaan "C":

    
Fungsi Panggilan Deskripsi
    
setsockopt () Lulus informasi ke Kernel.
    
getsockopt () Ambil siaran informasi menggunakan multicast.
    
Untuk lebih lanjut tentang multicast pemrograman lihat: Howto Multicast.

    
Aplikasi multicast akan menentukan antarmuka loopback multicast, TTL (jaringan waktu tinggal), antarmuka jaringan dan kelompok multicast untuk menambah atau menghentikan.
Tambahkan rute untuk mendukung multicast:

    
route add 224.0.0.0 netmask 240.0.0.0 dev eth0
Catatan bahwa jika menambahkan rute untuk meneruskan paket melalui router, bahwa router HARUS dikonfigurasi untuk meneruskan paket multicast. Banyak router tidak mendukung penerusan dari paket multicast atau memiliki konfigurasi default yang tidak. Internet secara default tidak maju paket multicast.
◄ Newer Post Older Post ►