Rabu, 28 Maret 2012

Monitoring Traffic Jaringan menggunakan MRTG (edisi Windows)

Bagi network engineer, sangat lah penting untuk membuat sebuah alat monitoring untuk melihat sejauh mana kinerja perangkat yang telah di configure. salah satu tools yang pernah saya pakai (sekarang dah ga ngurusin network lagi soalnya) adalah MRTG. MRTG atau The Multi Router Traffic Grapher, merupakan tools yang berfungsi untuk mengamati besar trafik yang melewati suatu interface tertentu dimana yang bekerja ialah protokol SNMP, kemudian dari data yang diperoleh tersebut, akan dibuat suatu grafik sehingga mudah diamati oleh seorang admin jaringan.
Sekarang saya cerita mengenai MRTG yang barusan saya buat atas permintaan seorang teman. Beliau minta di buatkan (diajari, malu ngomong diajari..kaya saya dah jago ajah) MRTG di Windows Server dia untuk mantau seluruh router yang di punyai. Jadi intinya MRTG disiapkan pada sebuah mesin ber sistem operasi Windows Server 2003 Enterprise Edition. yuk kita lihat langkah-langkah awalnya…

  1. Persiapkan Mesin Server
  2. untuk saat ini kita gunakan Mesin Server dengan spesifikasi standar saja. kebetulan yang saya pakai adalah server seperti ini :

    check server tersebut, apakah sudah ada SNMP nya atau belum. Jika sudah ada tinggal dilakukan konfigurasi SNMP, tapi jika belum mari lakukan instalasi SNMP di server tersebut melalui menu add remove windows components yang ada di Control Panel>Add or Remove Programs trus pilih dalam kolom Management and Monitoring Tools, double klik atau klik detail dan pilih SNMP (Simple Network Management Protocol). trus ok sampe akhir dan akhirnya dia minta CD installer dari windows server sesuai versi yang sudah terinstall, jika sudah maka SNMP telah ada di server dan silahkan di konfigure.
    Untuk konfigurasi SNMP silahkan disesuaikan dengan keinginan. Secara umum SNMP terbagi menjadi dua yaitu public dan private. Untuk sekarang saya gunakan public dengan SNMP-Community name nya sunemon. untuk cara konfigurasi SNMPnya sangat mudah. Tinggal masuk ke services (services.msc) cari SNMP Services trus di klik kanan>>properties. Pilih menu traps dan isi di community nya…sesuai keinginan, saya pake sunemon, kemudian tab security di isi community name yang tadi dan security nya read only saja. ok dan kemudian finish sampai disitu dulu :D .
  3. instalasi perl
  4. Seperti biasa download perl dan install di mesin server. harusnya ga ada masalah dan pasti semua bisa..hehehe
  5. instalasi MRTG
  6. Download mrtg sesuai kebutuhan nya…kemudian di install/extract di Drive C. Rename folder hasil extract tadi menjadi folder mrtg.
    Downloadnya di sini
  7. configure MRTG
  8. Untuk langkah selanjutnya, konfigurasi MRTG. Hal yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut :
    Pertama-tama siapkan satu folder khusus untuk menyimpan hasil MRTG. disini saya menyimpannya di D:\netgraph, kemudian siap kita melakukan konfigurasi dengan membuat file config nya terlebih dahulu.
    untuk membuat config mrtg, buka command prompt kemudian pointing ke folder tempat mrtg tadi
    cd c:\mrtg\bin
    seperti ini kira-kira hasilnya nanti
    kemudian jalankan perintah sebagai berikut
    perl cfgmaker sunemon@172.168.74.254 –global “Workdir: d:\netgraph” –output coresatu.cfg
    penjelasannya sbb:
    sunemon adalah community string yang di create tadi
    172.168.74.254 adalah device (dalam hal ini router) yang akan kita amati traffic nya. Sebelumnya harus di configure SNMP Community nya yach…jangan lupa..case sensitive
    coresatu.cfg adalah nama output (hasil) yang akan kita gunakan nanti , boleh kita pakai apapun yang penting konsisten ajah. akan muncul di folder bin. setelah berhasil kita buka file tersebut dan tambahkan command sbb:
    RunAsDaemon: Yes
    Interval: 5
    di bawah tulisan Workdir: d:\netgraph\
    kemudian yang harus kita lakukan lagi adalah membuat file index.htm sebagai tampilan dari MRTG. perintahnya dilakukan sama seperti ketika membuat file config namun perintahnya adalah sebagai berikut
    perl indexmaker –output coresatu.htm coresatu.cfg
    coresatu.htm adalah file html yang akan kita gunakan nanti, nama filenya bebas.
    setelah jadi file htm tersebut, pindahkan dari folder awalnya di c:\mrtg\bin\ kedalam working directory yang sudah kita tentukan tadi. disini adalah d:\
    netgraph\
    selesai sudah pembuatan MRTG nya….
    untuk menjalankannya lakukan command seperti ini (tentunya harus pointing ke directory mrtg nya)
    perl mrtg coresatu.cfg
    nah selesai..hasilnya bisa kita lihat di working dirctory..kita buka file coresatu.htm tadi dan muncullah grafic nya
    kira2 seperti ini
oke sekarang sudah satu perangkat jaringan yang terpantau, lakukan untuk beberapa perangkat jaringan yang lain dan ingat!!!, filename dari config nya harus berbeda….
Kemudian untuk menggabungkan menjadi satu kesatuan, perlu di lakukan satu hal. Membuat file index.htm yang berisi sesuai kreasi anda yang terpenting semua nya bisa di cakup ke dalam index.htm tadi. tentunya ga sulit bukan untuk bikin html file. index.htm yang saya buat mencakup 3 router dan 6 server. sesuaikan dengan kebutuhan anda.
Lanjutkan lagi untuk menampilkannya dalam website. installasi IIS di server tersebut dan konfigurasikan untuk mengarah pada folder yang kita gunakan tadi. saya menggunakan d:\netgraph. Setelah selesai, coba buka browser anda di server tersebut dan ketikan alamat sebagai berikut http://localhost, maka akan terpampang jelas MRTG yang kita buat tadi. Untuk instalasi IIS di Windows Server 2003 bisa di cari di google dan bila ada waktu luang akan saya posting disini juga untuk anda.
Sekian dan terima kasih, semoga membantu :D
Sumber : Link
◄ Newer Post Older Post ►