Rabu, 28 Maret 2012

SAMBA Jembatan Sharing Windows dan Linux


Berbagi dokumen atau file merupakan kegiatan biasa di  dalam dunia IT. Terdapat berbagai macam cara untuk melakukan transfer data antar user dan komputer. Bahkan dengan menggunakan Samba maka dengan mudahnya para pengguna yang berbeda sistem operasi pun dapat melakukan transfer file antara Linux dengan Windows. Dalam beberapa distribusi Linux bahkan Samba telah siap digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan para pengguna Windows.
Berikut ini merupakan cara termudah untuk memulai menggunakan Samba :
  • Tahap pertama adalah Install samba melalui terminal dengan perintah sudo apt -get samba
  • Setelah terinstal maka untuk dapat memulai men share folder di Ubuntu agar terbaca di Windows sangatlah mudah dan mirip dengan cara share folder di Windows yaitu cukup dengan klik kanan => pilih share option. Beri tanda centang pada pilihan share this folder. Untuk memberikan hak akses agar komputer lain dapat membaca dan menulis di folder yang di share maka berikan tanda centang pada pilihan Allow other people to write in this folder dan pada pilihan guest access.
  • Tanda visual yang terlihat pada Folder yang telah di share adalah dengan munculnya gambar berbentuk tangan pada folder mirip seperti icon folder share pada windows.
  • Proses sharing folder pada Ubuntu telah selesai. Seharusnya mulai sekarang komputer Windows yang terhubung dengan Linux Ubuntu anda dapat mengakses folder yang telah di sharing. Jika muncul prompt yang menanyakan username/password, gunakan username/password yang telah terdaftar pada komputer ubuntu tersebut. Atau username/password Samba.
Apabila masih menemui masalah atau error pada saat proses sharing maka lakukan langkah berikut:
  • Edit file smb.conf melalui terminal dengan perintah :
    sudo gedit /etc/samba/smb.confkemudian cari
    “; security = user”
    dan hilangkan tanda “;” didepannya.
  • Tambahkan “usershare owner only = False” tanpa tanda petik di bawah ” usershare allow guests = yes”.
  • Untuk menambahkan user samba gunakan perintah :
    sudo smbpasswd -a nama_user_yang_akan_ditambahkanterakhir restart samba service.
    sudo /etc/init.d/samba restart
  • Selesai.. seharusnya folder yang di share pada Linux Ubuntu tadi telah dapat di akses oleh pengguna Windows yang terhubung.
Samba dibuat dengan memanfaatkan protokol SMB ( Server Messages Block), pada Windows dikenal dengan nama NetBIOS. Pada dasarnya Samba terdiri dari 2 daemon ( program yang menetap di memori) yaitu smbd dan nmbd. Dimana Smbd berfungsi sebagai pengatur sumber daya yang dapat digunakan secara bersama baik file maupun printer, serta menyediakan autentikasi dan otorisasi untuk klien Samba. Singkatnya adalah daemon ini bertugas untuk mengatur aktifitas antara samba server dengan samba client. Sedangkan nmbd berfungsi sebagai nameserver, dengan cara memberikan informasi soal nama komputer yang terdapat pada jaringan dan menyediakan daftar browse.
Untuk dapat melihat file yang telah di share menggunakan samba dapat melalui file browser dengan cara klik menu Go => Location kemudian ketikkan smb://ip address komputer pada bagian location. Begitu juga jika linux ingin melihat apapun yang dishare oleh windows.
Untuk melakukan manajemen Samba di Linux ada banyak tool yang dapat digunakan beberapa yang banyak digunakan diantaranya adalah SWAT (Samba Web Administration Tool) dan Webmin. Keduanya merupakan tool yang berjalan dengan menggunakan web browser sebagai konfigurasi visualnya.

Sumber : Link
◄ Newer Post Older Post ►