Kamis, 19 April 2012

Dua Laptop Menggunakan 1 Koneksi Internet dari Modem 3G (Windows 7)

Posting ini akan mengetengahkan topik tentang bagaimana melakukan browsing internet yang dilakukan dari dua komputer atau dua laptop yang berbeda yang terhubung secara wireless, menggunakan satu koneksi dial-up dari modem yang dipasang pada salah satu komputer/laptop. Koneksi internet yang hendak didemokan dalam posting ini dilakukan dengan sebuah HP GSM 3G yang di-dial-up dari salah satu komputer/laptop dengan blue tooth. Kedua komputer/laptop yang dipakai dalam demo ini dilengkapi dengan device wifi untuk bisa melakukan koneksi jaringan secara wireless.
Ini bukan tips yang baru dan canggih. Tips ini sudah diketahui banyak orang. Saya pun mendapatkan tips ini dari teman saya pada saat chating tadi malam. Saya merasa tips ini cukup berguna dan ada baiknya untuk menuliskannya dalam blog ini. Semoga tips ini berguna terutama bagi saya sendiri nanti kalau di masa yang akan datang saya lupa cara-caranya bisa kembali membaca posting ini, dan semoga tips ini bermanfaat juga bagi Anda semua.
Demo ini khusus saya lakukan menggunakan Windows 7 RC yang terpasang pada dua laptop saya. Saya belum melakukan demo yang sama menggunakan Vista maupun XP, namun seharusnya secara prinsip sama saja, tinggal teknisnya saja yang berbeda.
Sebelum sampai ke demo, mari kita ngomongin dulu motivasinya apa, kenapa perlu melakukan koneksi internet dari dua komputer/laptop yang berbeda menggunakan satu koneksi dial-up yang sama? Berikut point-point yang bisa menjadi alasannya:
  • Kita hanya memiliki satu koneksi internet 3G yang bisa kita dapatkan dengan berlangganan paket-paket murah seperti Telkomsel Flash dan Indosat M2 yang menyediakan koneksi internet murah meriah berupa paket unlimited yang dimulai dari Rp 100 rb per bulan.
  • Sementara kita punya dua komputer di rumah, dimana satu kita pakai sendiri dan satu lagi dipakai oleh istri maupun anak. Kebetulan saat ini facebook lagi populer sehingga sebentar-sebentar istri merengek minta “giliran” pakai laptop yang terhubung ke internet. Sementara kita lagi dikejar deadline mesti menyelesaikan laporan buat besok misalnya, dan kita juga perlu koneksi internet dari laptop tersebut.
Nah, solusi termurah untuk problem tersebut adalah dengan cara melakukan internet connection sharing. Cara kerjanya adalah dengan menghubungkan kedua komputer/laptop menggunakan wifi, kemudian melakukan sharing pada koneksi dial-up sehingga laptop/komputer yang lain pun bisa melakukan koneksi ke internet menggunakan dial-up yang sama. OK mari kita mulai demonya.
Langkah pertama, kita establish dulu koneksi antara dua komputer/laptop. Persyaratannya kedua komputer/laptop yang kita pakai memiliki interface wifi untuk koneksi wireless network. Jangan lupa untuk menghidupkan wifi-nya karena dalam beberapa laptop, wifi ini tidak secara otomatis hidup ketika komputer/laptop dihidupkan.
Dalam laptop yang hendak dipakai untuk melakukan koneksi dial-up, kita buka Control Panel, lalu pilih View by: Large icons, kemudian scroll down sampai kita menemukan icon Network and Sharing Center, seperti terlihat dalam gambar berikut ini:
Kebetulan sebelumnya saya sudah establish dial-up connection menggunakan modem yang terpasang secara internal di HP Sony Ericsson K618i, sehingga saya menamai koneksi ini dengan K618i. Gambar berikut ini menampilkan network apa saja yang sudah terhubung ke laptop saya, dengan highlight pada koneksi K618i.
Klik pada menu “Manage wireless networks” (saya beri kotak), lalu akan tampil sebuah screen yang menampilkan semua wireless connection yang selama ini sudah kita konfigurasi. Jika belum melakukan konfigurasi apa pun berarti akan kosong. Gambar berikut ini menampilkan screen tersebut dalam laptop saya.
Klik pada button “Add” (button yang saya beri kotak) untuk menambahkan koneksi baru. Screen berikut ini akan ditampilkan setelah kita klik tombol Add.
Kemudian pilih option kedua: “Create an ad hoc network” (bagian yang saya beri kotak). Setelah itu kita akan mengikuti wizard “Manually connect to a wireless network”. Langkah yang penting dalam wizard tersebut terlihat dalam gambar berikut ini.
Dalam screen tersebut kita memberi nama network kita, dalam demo ini saya beri nama “My Home Wireless”. Kemudian kita ubah Security Type ke WEP untuk memudahkan pemilihan Security Key, yang dalam gambar di atas saya isi dengan 12345. Security Key ini nantinya harus diketahui oleh komputer yang akan melakukan koneksi ke “My Home Wireless”. Langkah berikutnya kita akan dikasih kesempatan untuk meng-klik tombol “Turn on internet connection sharing”. Dengan meng-klik tombol tersebut berarti koneksi dial-up yang terdapat dalam laptop kita akan di sharing dan bisa dipakai oleh komputer-komputer lain yang terhubung ke “My Home Wireless”.
OK, kita selesai melakukan setup di komputer “server”. Sekarang kita ke langkah dua yaitu melakukan koneksi dari komputer “client”. Komputer client yang dimaksud di sini adalah komputer-komputer yang akan terhubung ke “My Home Network”
Pindah ke komputer/laptop client, lalu perhatikan Notification Area, dalam taskbar sebelah kanan. Klik pada icon Network, sehingga muncul notification seperti terlihat dalam gambar berikut ini. “My Home Network” akan ditampilkan sebagai salah satu wireless network yang tersedia untuk di-connect.
Klik “My Home Wireless”, lalu klik tombol Connect yang muncul di bawahnya. Kemudian akan muncul dialog box di bawah ini yang menanyakan security key. Sebelumnya kita sudah menentukan security key-nya dalam langkah di atas, yaitu 12345. Masukan saja security key tersebut dalam text box yang disediakan, lalu klik tombol OK. Sesaat kemudian Windows akan meng-establish koneksi antara dua komputer menggunakan jaringan “My Home Wireless”.
Setelah koneksi sukses di-establish, sekarang tiba saatnya kita test. Untuk melakukan test, coba buka Internet Explorer pada kedua komputer/laptop, lalu masukan sembarang URL. Dalam gambar berikut ini saya membuka bing dalam kedua laptop yang terhubung dalam jaringan “My Home Wireless”, dan berhasil.
Dengan demikian, kita sudah bisa menghubungkan dua komputer/laptop menggunakan jaringan wireless dan sharing koneksi internet dial-up antara dua komputer/laptop tersebut dengan cara yang sangat mudah di Windows 7 RC. Selamat mencoba.
◄ Newer Post Older Post ►