Selasa, 01 Mei 2012

belajar php pemula

                Saya sering sekali mendapat pertanyaan yang sama dari teman-teman yang ingin belajar PHP, misalnya seperti ini:
    
       “saya baru gabung nih, saya pengen tahu membangun web dan belajar PHP MySqL, harus mulai     dari mana.., trims ya sobat share nya…”
Menurut pendapat saya, anda tidak bisa langsung belajar PHP pada saat ingin membuat sebuah website dinamis yang interaktif. Mengapa?

Untuk membuat sebuah website, PHP tidak bisa berdiri sendiri. Anda perlu mempelajari HTML terlebih dahulu. Browser yang anda gunakan saat ini untuk membaca tutorial ini tidak mengenal bahasa PHP sama sekali. Browser yang saya maksud di sini adalah aplikasi yang digunakan untuk membuka sebuah halaman web.
Browser anda mengenali bahasa HTML, bukan PHP apalagi MySQL. Jadi, sebelum mulai belajar PHP, saya sangat sarankan bagi anda untuk mulai belajar HTML terlebih dahulu. Apabila sudah cukup menguasai bagaimana cara membuat sebuah halaman web statis tampil ke browser, maka anda bisa mulai belajar PHP untuk membuat website anda lebih interaktif dan dinamis.

Apakah itu cukup?

Tidak, anda juga akan memerlukan database untuk menyimpan data anda. Untuk itu anda saya sarankan untuk belajar MySQL sebagai pelengkap membuat database untuk website anda.
Semua materi tersebut ada di prothelon.com, silakan lihat di link-link berikut ini untuk mempelajari masing-masing materi:

Belajar HTML

Belajar PHP

Belajar MySQL
Jika sudah, anda bisa mengembangkan lebih lanjut dengan belajar PHP lanjutan, belajar CSS atau

belajar Javascript.
Mudah-mudahan cukup jelas ya, terutama buat anda yang masih awam.
◄ Newer Post Older Post ►