Kamis, 28 Juni 2012

CARA MUDAH BELAJAR PROSES RESPIRASI SEL


Sebelum mempelajari respirasi sel ada hal yang sangat penting diketahui agar mudah memahami pelajaran ini. Materi respirasi sel memang agak lebih sulit dibandingkan materi lain dalam pelajaran biologi, adapun cara agar mudah memahami pelajaran ini:
a.       Baca pelajaran ini secara berulang-ulang.
b.      Jangan membaca secara meluas karena akan membuat anda menjadi pusing jadi sebaiknya pahamilah materi yang pokok dulu agar memudahkan mengetahui materi yang lebih mndalam lagi.
c.       Jangan lupa baca doa sebelum memulai.
d.      Hal terpenting jangan lakukan dengan metode mengahapal, karena akan membuat anda mudah melupakannya. Jadi sebaiknya gunakan metode membaca dan memahami, cara ini akan lebih lama teringat daripada metode menghapal.
Dalam cara b ditegaskan bahwa kita harus mengetahui pokok-pokok dari pelajaran itu. Saya akan berusaha memberikan pokok-pokok bahasan yang mesti kita ketahui dalam proses respirasi sel.
·         Pengertian respirasi sel.
Respirasi sel, Sel juga melakukan respirasi, respirasi merupakan proses menyerap O2 dan melepaskan CO2. Namun, respirasi bukan hanya sekedar pertukaran gas-gas. Proses keseluruhannya adalah proses oksidasi reduksi. Proses respirasi tingkat sel merupakan proses katabolisme karbohidrat untuk menghasilkan energi dalam bentuk ATP. Respirasi terbagi lagi berdasarkan kebutuhannya atas oksigen. Respirasi yang membutuhkan okigen disebut respirasi aerob sedangkan respirasi yang tidak membutuhkan oksigen disebut anaerob.
·         Tempat terjadinya dan Tahap respirasi aerob
Respirasi aerob terbagi ke dalam 4 tahap :
Tempat
Tahapan
Produk
Sitoplasma
Glikolisis
2 mol asam piruvat
2 mol NADH
2 mol ATP
Membran Luar
Dekarboksilasi Oksidatif
2 mol asetil CoA
2 mol NADH
2 mol CO2
Matriks Mitokondria
Siklus Krebs
2 mol FADH2
6 mol NADH
2 mol ATP
4 mol CO2
Krista Mitondria
Transpor Elektron
38 mol ATP
H2O
                Penting: 1 NADH=3 ATP sedangkan 1 FADH2=2 ATP
                Jadi, total energinya adalah 34 ATP ditambah 4 ATP menjadi 38 ATP. Ada beberapa buku yang mengatakan bahwa energi total adalah 36 ATP karena jumlah penyetaraan NADH dan FADH2 dengan ATP tidak sepenuhnya berjumlah demikian tapi merupakan bilangan yang mendekati bilangan tersebut. Namun pada umumnya semua buku menggunakan 38 ATP sebagai hasil akhir.
·         Siklus Krebs
Tahapan yang paling utama dalam respirasi aerob adalah siklus krebs. Karena baik respirasi aerop maupun anaerob sama-sama melalui tahap glikolisis perbedaannya terjadi pada tahapan selanjutnya. Apabila terapat oksigen maka prose dilanjutkan ke tahap siklus krebs namun bila tidak ada oksigen diteruskan ke tahap fermentasi atau proses pembentukan asam laktat. Disekolah guruku mengajarkan adanya cara mudah untuk mengingat dengan mudah tahapan siklus krebs yakni dengan mengingat kata: SI-ISO-OK-SU-SU-FU-MA-O.
a)      SI            = Sitrat (asam sitrat)
b)      ISO         = Isositrat (asam isositrat)
c)       OK          = a-Ketoglutarat (asam a-Ketoglutarat)
d)      SU           = Suksinil KoA
e)      SU           = Suksinat (asm suksinat)
f)       FU           = Fumarat (asam fumarat)
g)      MA         = Malat (asam malat)
h)      O             = Oksaloasetat (asam oksaloasetat)
Demikian cara mudah mempelajari proses respirasi sel. Semoga bermanfaat. Setelah memahami hal-hal yang pokok ini sebaiknya juga mendalami materi-materi yang tidak termasuk pokok materi yang harus diketahui, alangkah bagusnya jika ilmu yang kita miliki lebih luas lagi dan jangan pernah bosan untuk terus mengulangi pelajaran tersebut agar selalu diingat bahkan sudah di luar kepala.
-SALAM SUKSES, SUKSES ITU UNTUK KITA SEMUA-
◄ Newer Post Older Post ►