Rabu, 18 Juli 2012

Belajar PHP Otodidak, Solusi Sukses Tanpa Kuliah

Kurang lebih pada awal tahun 1995, Rasmus Lerdof membuat produk bernama PHP/FI (Personal Home Page / Forms Interpreter). Produk ini merupakan cikal bakal PHP ini ditulis menggunakan bahasa C dan memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan database serta membuat halaman menjadi dinamis. Produk yang cukup sukses ini dirilis dengan disertai source code-nya, sehingga siapa saja dapat melihat dan menggunakan secara bebas.
Sampai saat ini, perkembangannya telah mencapai versi 5.2.8 dan disebarkan secara luas sejak Desember tahun 2004. Beberapa bug yang ditemukan pada versi-versi sebelumnya sudah banyak diperbaiki. Bahasa pemrograman PHP terus disempurnakan dan sampai kini terus dikembangkan.
Berikut cara belajar PHP seperti yang sedang dilakuan oleh penulis. Dan perlu diketahui, penulis tidak punya background pendidikan teknologi informasi. Tetapi mengingat begitu banyaknya resource di internet tentunya tidak sulit untuk memulai belajar sesuatu. Dan dengan adanya fasilitas pencarian yang bagus (google, yahoo) proses pembelajaran akan menjadi lebih mudah.
Silahkan simak tips belajar PHP yang penulis lakukan berikut resource-resource yang mendukung. Hal yang patut digaris bawahi, belajar otodidak lebih bagus daripada belajar seperti kalau kita kursus PHP. Dan kebanyakan orang yang pinter PHP bisa karena belajar otodidak. Tidak percaya? Silahkan adakan survey sendiri.
Akrabkan diri dengan HTML, Walaupun Anda menggunakan PHP Anda tidak akan terlepas dari tag-tag HTML. Berikut referensi berbahasa Indonesia yang bisa digunakan:
http://www.webmaster-tutorial.com/tutorial/What_is_HTML/1/4
http://www.freewebs.com/buatsite/buatsite02.htm
http://unilanet.unila.ac.id/index.php?option=displaypage&Itemid=73&op=page&
SubMenu=
http://lecturer.eepis-its.edu/~riyanto/web1.html
http://werbach.com/barebones/barebone_id.html
Perdalam HTML yang berhubungan dengan form, Mengapa form? karena banyak transaksi di PHP nantinya menggunakan form, misalnya untuk memasukkan data ke dalam database
Referensi:
http://werbach.com/barebones/barebone_id.html#forms
Berkenalan lebih dekat dengan PHP, baca referensi ini :
http://www.rumahweb.com/journal/berkenalan-dengan-php.htm
http://www.rumahweb.com/journal/php-mysql-tutorial-dasar.htm
Mengenal variabel-variabel PHP: http://phpug.freeservers.com/manual/variabel.htm
Download PHP manual, manual PHP berbahasa Indonesia,
http://phpug.freeservers.com/
Install webserver di komputer Anda, install web dan database server di komputer Anda baca disini
http://cara-membuat-ok.blogspot.com/2009/02/cara-membuat-komputer-anda-jadi-web.html
Berkenalan dengan MySQL
Daftar ke penyedia hosting gratis, daftar ke penyedia hosting gratis. Pilih yang tanpa banner dengan fasilitas PHP dan MySQL. Contoh :
http://www.absolutely-free-hosting.com/free-php-hosting.php
Upload lewat FTP, Anda bisa memeperoleh software ftp secara gratis di sini:
http://www.filehippo.com/software/ftp/
Jangan pernah puas, baca yang lebih banyak. Gunakan google untuk mencari Semua hal ada di situ. Aktif di forum, milis, kalau perlu gabung dengan forum yang berbahasa inggris. Banyak yang Anda bisa dapat dari situ.
Selanjutnya terserah Anda… kalu sudah pinter bisa ikut jadi freelancer dan yang penting lagi kalau sudah pintar jangan lupa berbagi. Jangan terlalu asyik.. jangan lupa jaga ibadah, jaga kesehatan, banyak minum, boleh merokok, banyak makan sayur dan buah. Serius …
◄ Newer Post Older Post ►