Sabtu, 14 Juli 2012

DUNIA PASTI BERPUTAR


Pemain :
Budiarti                                                 : Bu Arthy
Muh. Taufiqurrahman                            : Ophyeq
Noer Iedfaiz Ichsan Zakaria                  : Ade
Irma Fitriani Ilham                                 : Irma
Mutiah Humaerah                                  : Muthi
Risky Nurhikmayani                              : Ekki
Arya Surya Saputra                               : Arya
Nita Diarningrum                                   : Nita
Di sebuah sekolah elit yang jauh dimato yang siswanya kebanyakan merupakan anak-anak konglomerat , saat waktu menunjukkan saatnya untuk pulang sekolah.
Bu Arthy        :  Sekian pelajaran hari ini anak-anak, pelajari ulang materi hari ini dan kerjakan tugas yang ibu berikan, dikumpul besok. Silahkan siapkan untuk pulang.
Ophyeq         : Duduk siap, Beri salam...
Siswa              : Ummmmuah.......
Bu Arthy        : (tertawa) hust, yang benar salamnya...
Siswa              : Assalamu alaikum Wr.wb.
Bu Arthy        : Wass..
Beberapa menit setelah ibu keluar dari kelas, datang dua orang pengemis...
Ade                 : MintaK uangT kwdonk, nda makan peK. 1000 mow klo nda bsa 1000 5 ribu mow pale...
Irmha             : Ich, apa sich ini pengemis, udah jorok, item, bau, dekil, idup lagi....
Muthy            : Nich uang 1000 loe ambil, (menyodorkan uang), oups jatuh. (Ade mengambil uang yang jatuh tapi tangannya diinjak) ough ada orang, sory yawh...
Ikky                 : Kalian berdua jahat amat sich ma mereka, ini uang....(menyodorkan tapi ditepis oleh Ade)
Ade                 : edd, klo nda mw kow ksi uang jan mekow, ndag ku suka dikasi begini, hiks...hiks...
                         Q tanya mekow maceQ nanti....
Irma                : Tanya aja! Emangnya siapa sih emak loe? Presiden? Hahaha.. paling-paling cuman pengemis kayak anaknya..
Muthi             : Yah...Iyalah....Kalau orangnya miskin, bebuyutannya pasti orang miskin juga..
Muthi dan Irma : Hahahaha...
Arya                : Ayo mii pulang Ade, orang jahat semua disini...
Ade                 : tunggu dulu, sinie... barang yang sudah diberikan nda boleh diambil kmbali...
                         (merampas uang yang ada di tangan ekky)
Pengemis pun keluar dari kelas...
Di tengah jalan..
Ade                 : Q sumpa2i tadi itu cewek yang calla2K, napakammaQ kodonk. Padahal kalo2 dilyat2 11:12 jeka ma Vidi Aldiano...
Arya                : iyow,  11:12 kow ma vidi kalo dilyat dari monas pake sedotan.  tapi Q sumpa2iq juga itu cewek  jadi pengemis juga nanti...
Ade dan arya : amin.
(tiba-tiba Ade dan Arya bertemu dengan salah seorang anak sekolah yang dijumpainya di sekolah tadi)
Ade                 : Ayo ngamen disini bla, nda ada pii uangta untk makan nnt
Arya                : ayo mii ple, mw kowkh mkan apa?
Ade                 : biasa mow, humberger, pizza, stick, hot dog, spagetii
Arya                : edd, buang mii itu kw mimpii mu..
Ade                 : iyow kidding jeK
Tiba..tiba…
Ade                 : Ya’, liatki itu e...kayak pernahi kuliat itu orang.
Arya                : Yang mana? (sambil mencari), Oh, itu?!
Ade                 :Iyah. Siapa itu di’?
Arya                :Itu tadi yang calla2ko...
(Irma berjalan mendekati Ade bersama seorang pria )
Ophye            :Ih, ada pengamen, kasiannya, tapi tidak ada uang kecilku bela. (Sambil merogoh sakunya)
Irma                :Kalau nggak ada uang kecil, uang besar ajah bebh!
Ophye            :Hmmm..iya juga yah!(mengambil uang 50rb dari sakunya). Nih!
(Ade mengambil uang yang disodorkan oleh Ophye, tetapi Arya langsung menepis tangan Ade)
Arya                : jan mekow dongo ade, ambilq itu uangx, uang haram, ndag malu kow itu sudah d calla-calla… (kata Arya kepada Ade setengah berbisik)
Ade                 : tapi nda bisa meq itu makan d KFC??? (bisik-bisik)
Arya                : Edd jan mekow uang haram dongo…(bisik-bisik)
Ade                 : (mengurungkan niatnya) Jangan mii om, Terima Kasih! (Sambil mengembalikan tangan ophye)
Irma                : alahhh sok jual mahal banget sih loh !! jarang loh ada orang baik kayak pacar gue.
Ade                 :  apa na baek itu dee’  kayak mii monster!!
Irma                : apa lo bilang ?
Ade                 : nda ji, inee Arya tanjak monster ki ku bilang bukan kita !
Irma                : oh gitu !! Beib yuk kita pulang tinggalin aja nih pengemis jelek …. :p
Ade                 : Kyag tong situ bagus tanja-tanjana, kyag tedong….
(mereka pun pergi meninggalkan kedua pengemis)
(tiba-tiba terdengar suara seorang cewek dari kejahuan dan  menghampiri Ade dan Arya)
Nita                 :oii…
Arya                : sypa itu sana?
Ade                 : yang mana? Ough, Luna maya
Arya                : bukan yang itu buta, y itu sana
Ade                 : ough, inita kapa’… itu’ apa Q bilang
Nita                 : knpa smwa kow? Knpai tdi itu dua orang?
Ade                 :puah jan mekow bahasq itu orang, ji2k jeK msa nacalla2q bru ndag prnah jeK apa2iiq, ndag mw tonmeq nksi uangnya
Nita                 :sabar mekow, orang sabar disayang tuhan!
Arya                :sbar meq ini eph, tp ndag ada tong kemajuan tetap jeq jadi pengemis gaul.
Nita                 :Ya’, Sep’, Dunia ini berputar! Ada kalanya orang menjadi miskin dan adakalanya orang menjadi kaya,tergantung dari usaha manusia itu sendiri mau jadi apa dia, Tak selamay menjadi kaya itu menyenangkan. Allah itu maha adil, menciptakan yang kaya dan yang miskin agar mereka saling melengkapi bukan sebaliknya saling bermusuhan. Yah, udah, semoga kalian mengerti, aku pergi dulu!
Ade                 : edd, cramahq senk ibuK, nntp ii hari jum’at Q bwa kow k Al-markaz spya dpatq uang….
Arya                : (merenung)tp klo dipikir-pikirq kata-katanya nita, betul tonji (menepuk pundak Ade dan berharap Ade mengerti)
(Ade hanya melangkah sambil tertuntuk, tanpa mengatakan sepatah kata pun)
Malam harinya Irma dan Ade tidur di rumah masing-masing lalu bermimpi
Mimpi Ade,
Di suatu pagi yang cerah sebuah limosin putih berhenti di gerbang sekolah, dan turunlah seorang cowok keren dengan wajah dan gaya bak Vidi Aldiano. Cowok itu adalah Ade, Ade sudah menjadi kaya raya….kekayaannya itu membuatnya menjadi sombong dan suka meremehkan dan menghina orang lain termasuk teman-temannya disekolah.
Ade        : hi…..hi….(membalas sapaan para cewek-cewek)
Cewek  : (Mabuk Kepayang) Ah, Dia nyapa Gue!
Irma       :Wah! Dia keren banget……kayak vidi Aldiano….ku baru nyadar ternyata Ade mirip ma Vidi Aldiano yah?!
Muthi    :Iya…iya…
Irma       :Tipe gue banget tuh..
Muthi    :Tentu ajah, kamukan ngefans berat ma vidi..
(Ade melangkah pergi meninggalkan tempat cewek-cewek itu).
Arya yang kebetulan lewat dibelakang Irma dan Muthi, tanpa sengaja mendengar pembicaraan mereka lalu membeitahu Ophye yang merupakan sahabat Ade sekaligus pacar Irma.
Ophye  :Apa??! Kurang ajar tuh Ade! Dia mesti diberi peajaran karena sudah tebar pesona dihadapan Irma, dia piker siapa dia?
Arya       :Tapi kan dia sahabat kita,Pi!
Ophye  :Alah! Kalau sahabat masa kayak gitu, liat ajah setiap hari dia ngehina kita, dia piker bisa membeli kita dengan uangnya itu!
Arya       :Iya jug sih! Tapi….apa yang akan kita lakukan?!
Ophye  : (berpikir)Hmm..Ah, sini(mengisyaratkan arya untuk mendekat lalu membisikkan sesuatu)
Arya       :Hmmm…baik, akan kulakukan!
Di kantin ketika ophyeq dan arya sedang makan…
Ade        : Hai kawan, boleh gabung nggak???
Arya dan Ophyeq tidak mempedulikan Ade
Ade        : Hei…hei what happen bro???
Ophye  : Minggat yuk, mlaz gue dsini. ada hawa-hawa kambing disini…
Arya       : yuk, gue jga mlaz dsni…
Ade        : huft… npa sich smwa jadi ngejauhin gue, tp gue nggak peduli koq, emank gue rugi klo loe jauh, pergi sana loe

(pulang sekolah)
Ophye  : Kita tungguin Ade disini yuk…
Arya       : yuk…
(Ade datang)
Ophye  : Eh, loe… apa sich mau loe???
Ade        : Apa sich??? Minggat loe gue mw pulang, gw mw syuting nich….
Arya       : Sombomg amat sich loe..
Ade        : Emank napa? Hidup-hidup gue, ngapain loe sewot???
(ophyeq dan arya langsung ngegebukin ade)
(tiba-tiba ade terbangun dari mimpinya)
Ade        : Astagfirullah, mimpi apaK ini, huft, ternyata tidak enak tonji jadi orang kaya, mending begini trus mii hidupQ, jadi pengamen dan pengemis yang sejahtera….
(mimpi Irma)
pUlang  sekolah orang tua Irma sudah menunggu di depan rumah untuk mengajaknyapindah rumah. Di dalam mimpi Irma, ternyata orang tua Irma bangkrut dan rumah, mobil serta barang-barang berharga lainnya juga disita oleh bank. Irma pun menjadi miskin, ia hanya berjalan kaki ke sekolah, pulang sekolah Irma meminta untuk nebeng di mobil Muti.
Irma       : Muti, rumah gue sekarang kan searah dengan rumah loe jadi gue boleh nebeng di mobil loe dong !
Muthi    : nebeng ? Ih enak aja najis tralala-trili degh orang miskin kayak loe naik ke mobil gue.
Irma       : muti loe kok gitu sih ? kita kan sahabat, masa loe kayak gitu!
Muti      : sahabat ? itu kan dulu waktu loe masih kaya, skarang mah ih jijay :p
Irma pun kini tidak punya teman disekolah, ia hanya berteman dengan kiki seorang anak cupu dan tidak popular.
Irma       : nit, kok semua orang jahat banget sih ma gue, mereka ngjauhi gue, nghina gue pokonya jahaaaatt bget.
Nita       : sabar, aku udah biasa kok di hina dan dikucilin ya memang ngga enak.
Irma       : gue punya banyak teman, eksis, popular waktu gue kaya nah skarang ? ngga ada satupun yang mau brteman ma gue.
Nita       : trus bagaimana dengan ade dan opick ?
Irma       : oh iya, gue nemuin mereka dulu yah !!
Irma pun menemui Opick dan Ade yang sedang duduk-duduk di depan kelas.
Irma       : opick, Ade !! dengerin  nih cerita gue, mereka kok ….
Opick dan Ade  : ih lo siapa, pake acara curhat-curhat



Opik, muti dan ekki heran akan perubahan Irma yang sekarang menjadi pendiam.
Mereka pun saling bermaaf-maafan. 


◄ Newer Post Older Post ►