Selasa, 10 Juli 2012

LET'S MAKE PAPPERCRAFT

Halo semuanya, liburan kali ini enaknya kerjain apa yah?? kalo lagi nggak ada kerjaan mendingan bua pappercraft yuk.
Pappercraft adalah kesenian melipat kertas. Mirip dengan origami namun bentuknya 3 dimensi dan lebih nyata lagi di bandingkan origami. Lihat contoh papercraft di bawah ini
Papercraft adalah pengembangan dari origami (seni melipat kertas di Jepang). Bedanya papercraft dengan origami adalah origami adalah seni melipat kertas dengan menggunakan 1 lembar kertas sementara papercraft adalah seni merakit kertas dari beberapa lembar kertas menggunakan beberapa teknik seperti menggunting, melipat, mengelem, dan membentuk kertas.
Aslinya bernama 3D Papercraft, tapi lantas biasa disebut papercraft saja.Papercraft adalah kerajinan kertas yang berbentuk 3 dimensi. Kemudian berkembanglah berbagai macam sebutan mengenai hobi dan seni kerajinan ini, tetapi bila dicermati ada pengelompokkan terhadap papercraft, yakni dari minat dan audiensnya. Papertoy merupakan perkembangan dari vinyl toys yang merupakan salah satu hasil dari urban art, grafitti dan street art. Vinyl toys dibuat oleh seorang seniman urban yang berupa wujud 3 dimensi dari karakter rekaan mereka sendiri, biasanya berbentuk sederhana dengan menekankan pada seni grafis yang dituangkan pada bidang 3 dimensi tersebut. Obyek yang dibuat papercraft secara general meliputi hampir semua benda yang ada di dunia, miniatur dalam bentuk kertas, ada yang kendaraan, bangunan, manusia, binatang, karakter game, film bahkan makanan juga dibuat papercraftnya.
Kesenian Papercraft sangat menyenangkan dan bisa menambah kreatifitas. Pappercraft merupakan alternatif bagi yang ingin memiliki pajangan dengan harga muah dan asli buatan tangan sendiri. Hasil buatan tangan sendiri pastiya lebih membanggakan.
Cara membuat pappercraft lumayan mudah tergantung tingkat kesulitan design yang mau di buat. Semakin bagus dan nyata bentuk pappercraftnya semakin tinggi tingkat kesulitannya. Adapun Langkah-langkah untuk membuat pappercraft :
  1. Carilah pappercraft tempale di internet ataupun di buku-buku
  2. Sediakan kertas karton, lebih bagus lagi menggunakan kertas foto, lem, gunting serta cutter
  3. Ikutin tata cara pembuatannya. 
It's so simple and easy kan untuk membuat pappercraft? selain itu harganya murah karena cukup beli kertasnya saja.
Berikut ini beberapa gambar pappercraft yang sudah ku buat.




◄ Newer Post Older Post ►