Jumat, 20 Juli 2012

Persiapan Belajar PHP dengan PC

Kalo kita belajar, tentu kita butuh mempraktekan setiap pelajaran yg kita terima.
Dan bagi anda yg ingin mempraktekan pelajaran PHP diblog ini lewat PC, anda butuh pemroses kode2 PHP yg akan anda tulis nanti. Ya karena PHP berbentuk kode2 yg harus di proses dulu kalo mau di tampilkan sesuai yg kita inginkan di aplikasi browser (aplikasi browser itu maksud saya seperti firefox, internet explorer, opera, dll).
Untuk itulah kita butuh pemroses, dan pemroses itu biasa di sebut webserver, dan webserver untuk PHP itu banyak macamnya, ada phptriad, xampp, dan banyak lg.
Saya anjurakan memakai XAMPP, karena lebih komplit, anda bisa mendownloadnya disini
Mengenginstalnyapun tidak sulit, tapi bila bagi anda sulit, anda bisa mencari cara menginstalnya lewat google, saya rasa sudah banyak artikel yg memuat cara menginstal xampp.
Ok, saya anggap anda telah menginstal xampp dengan benar. Setelah diinstal biasanya folder instalan xampp ada di directory c:/xampp, oiya jangan lupa di aktifkan dulu xampp nya sebelum anda praktek nanti, agar file php yg akan anda buat nanti bisa tertampil dengan benar di browser yg anda pakai.
Lalu bagaimana cara meletakan file php nya nanti ?
Caranya mudah, anda buka folder xampp yg saya bilang tadi ada di directory c:/xampp
Setelah dibuka..buka lg didalamnya folder ‘htdocs’ lalu buatlah folder dengan nama sesuka anda, contoh folder yg dibuat bernama ‘latihan’ (tanpa tanda petik) nah didalam folder ‘latihan’ lah anda nanti akan meletakan file php yg akan anda tulis nanti pada tutorial di blog ini, dan bentuk directorynya akan menjadi c:/xampp/htdocs/latihan/test.php (test.php adalah contoh nama file php nya).
Lalu bagaimana mengakses file test.php itu dengan browser ?
Caranya mudah, cukup dengan mengetik di kotak url browser yg anda pakai http://localhost/latihan/test.php
Kalo di lihat penulisan url diatas, walaupun folder ‘latihan’ berada di dalam folder ‘htdocs’, tapi tetap browser akan mentiadakan folder ‘htdocs’ dan memang begitu peraturannya.
Nah, setelahnya semuanya sudah siap, tinggal anda menyiapkan aplikasi semacam teks editor yg akan anda gunakan untuk menulis kode-kode php, untuk sementara gunakanlah notepad, nanti anda mencari lg aplikasi teks editor yg lain dikemudian hari yg menurut anda nyaman untuk di gunakan, dan yg terpenting ketika anda menulis kode2 PHP anda harus bisa mengontrol line atau barisnya, karena dalam penulisan kode PHP, line harus teratur dan tidak boleh saling tumpang tindih seperti anda menulis kode html.
◄ Newer Post Older Post ►